BREAKING NEWS

Rabu, 23 September 2015

Tim Robotik MTsN Raih Medali Emas Asian Junion Robocup

Tim Robotik MTsN Raih Medali Emas Asian Junion Robocup
Tim robotik MTsN Pamulang kembali mengukir prestasi di kancah internasional. Sejumlah medali telah mereka raih pada ajang Asian Junion Robocup (AJR) 2015 yang diselenggarakan pada 12-14 September 2015, di International Islamic School (IIS). AJR ini merupakan perlombaan yang kali pertama digelar, yang diikuti oleh Malaysia, Indonesia, Singapura dan Yaman.

Imam Sucipto, Pembina Robotik MTsN Pamulang mengatakan bahwa kegiatan perlombaan yang berskala internasional ini merupakan Joint committee antara Indonesia dan Malaysia, yaitu Robotic Organizing committee Indonesia (ROCI) dan Robotic Organizing Commite Malaysia (ROCM). 

“Kita berharap agar tahun-tahun mendatang kompetisi ini bisa diikuti oleh semua negara di Asia Tenggara,” ungkapnya, Selasa (22/09).

Pada event AJR ini, kategori Lomba yang dikompetisikan adalah Line Tracer, Robot Soccer, Super maze Solving, Robot Creative, Maze Game, Aerial Robot, Mission Challenger, Robot Perform. Peserta lomba terdiri dari level SD, SMP, dan SMA. Akan tetapi dalam kategori lomba hanya ada dua yaitu Junior (umur sampai 12 tahun) dan Senior (umur 13 -18 tahun).

“Kami mengirimkan tiga tim. Tujuannya memang bukan untuk menang. Tapi untuk menanamkan kecintan sains teknologi pada anak, melatih berpikir logis, sistematis, dan menanamkan kemampuan problem solving,” jelas Imam Sucipto. 
Selain itu event, ini diharapkan menjadi sarana komunikasi dan interaksi antar anak-anak di Asia Tenggara.

Dalam lomba kali ini tim MTsN Pamulang mengirimkan 3 tim. Adapun peroleh medalinya adalah sebagai berikut : Medali emas (Grand Price) Kategori Aerial Robot diperoleh Daffa Maheswara Wiryawan dan Muhammad Abrar Maulana Haznul, Medali emas (Grand Price) Kategori Robot Perform dipeoleh Tim Robotik MTsN Pamulang, Medali Perak Kategori Super Maze Solving Muhammad Al Thaaf Wirayudha dan Wildan Muhammad Hamizan, Medali Perunggu Kategori Mission Challenger Daffa Maheswara Wiryawan dan Muhammad Abrar Maulana Haznul, Medali Perunggu Kategori Line Tracer Muhammad Al Thaaf Wirayudha dan Wildan Muhammad Hamizan, dan Medali Perunggu Kategori Maze Games Bayhaqi Al Haq dan Muhammad Abrar Maulana Haznul.
    Pada saat yang sama juga diadakan seminar dan acara Asian Teacher Forum. Pada Asian Teacher Forum perwakilan dari Indonesia salah satunya diwakili oleh Imam Sucipto Pembina robotic MTsN Pamulang. Hadir dalam acara tersebut Dr. Riza Muhida, MSEE yang merupakan President ROCI Indonesia yang juga Direktur Research Robotika serta Chairman Centre Research Intellegent Machine (CRIM) Surya Institute Jakarta dan dihadiri pula oleh Direktur Engineering dari Universitas Internasional Malaya Prof. Dr. Rini Akmeliawati.
    Sumber : Kemenag RI
     
    Copyright © 2015 MI RAUDLATUS SYUBBAN Support By Madrasah TV - Madrasah Lebih Baik, Maka Lebih Baik Madrasah.