BREAKING NEWS

Selasa, 23 April 2013

UN Diperlukan dan Melatih Kejujuran



Ujian Nasional (UN) tetap diperlukan dan harus dilaksanakan di masa-masa yang akan datang. Sebab, Ujian Nasional merupakan bagian dari upaya Pemerintah dalam melakukan pemetaan kualitas pendidikan. Hasil pemetaan ini diperlukan sebagai dasar pengambilan kebijakan peningkatan kualitas pendidikan di masa mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama Zubaidi, ketika dimintai tanggapannya di Jakarta, terkait adanya keinginan beberapa pihak agar UN dibubarkan.

“UN diperlukan untuk pemetaan dan dasar pengambilan kebijakan peningkatan kualitas pendidikan di masa mendatang,” ujar Zubaidi.

Menurut Zubaidi, terjadinya penundaan UN di 11 Provinsi tidak bisa dijadikan alasan bahwa UN harus ditiadakan. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir, UN berjalan dengan baik dan lancar. “Namun, penyebab terjadinya penundaan penyelenggaraan UN 2013 tetap harus diinvestigasi, dievaluasi, dan diselesaikan,” terang Zubaidi.

“Kemenag mendukung setiap langkah dan kebijakan Kemendikbud dalam menyelesaikan masalah terkait penundaan UN SMA/SMK/MA/yang sederajat tahun 2013,” tambah Zubaidi.

Zubaidi menambahkan bahwa secara psikologis, UN dapat memotivasi siswa untuk terus meningkatkan belajarnya. “UN memang memicu kecemasan, namun kecemasan yang terkelola dengan baik, justru dapat memberikan pengaruh positif,” kata Zubaidi.

Zubaidi meminta para guru dapat melakukan pengendalian kecemasan siswa agar tidak kontraproduktif. Menurutnya, itu bisa dilakukan dengan membekali dan melatih siswa melalui test taking skills, seperti try out, bimbingan tes, termasuk istighatsah, untuk meningkatkan kepercayaan diri para siswa dalam menghadapi UN.

Lebih dari itu, Zubaidi mengatakan bahwa UN bisa dijadikan sebagai wahana menanamkan kejujuran, baik siswa, guru, maupun lembaga pendidikan. “Ini menjadi tantangan semua pihak,” tegas Zubaidi.

Bahkan, lanjut Zubaidi, upaya pencegahan korupsi pun bisa dilakukan secara dini melalui pendidikan; dan salah satunya melalui penyelenggaraan UN yang jujur dan bersih.(Mr.Lativi)
Sumber: Kemenag
 
Copyright © 2015 MI RAUDLATUS SYUBBAN Support By Madrasah TV - Madrasah Lebih Baik, Maka Lebih Baik Madrasah.