BREAKING NEWS

Kamis, 10 September 2015

Pelajaran Akidah Akhlak, Penjaga Moralitas Anak Madrasah

Pelajaran Akidah Akhlak, Penjaga Moralitas Anak Madrasah

Pelajaran Akidah Akhlak yang diajarkan di madrasah merupakan bagian dari proses penciptaan generasi yang bermoral. Ilmu ini, menurut Direktur Pendidikan Madrasah, Nur Kholis Setiawan merupakan pelajaran yang tidak diajarkan di sekolah umum. Namun, suksesnya dan tidaknya pelajaran Akidah Akhlak ini kepada murid tergantung pada guru.

"Sukes dan tidak tergantung kepada bapak ibu guru sekalian menyampaikan ke peserta didik. Jika penyampaiannya tidak baik, maka tentu manfaatnya tidak banyak. Sehingga dibutuhkan double movement (gerak ganda--red) sekaligus," kata Direktur saat menyampaikan tausiahnya di harapan para guru Mata Pelajaran Akhlak di Makassar, Selasa (08/09/15).

Sebab, indahnya Islam salah satunya terletak pada Akidah Akhlak. Hal ini menurut pria yang merupakan Doktor lulusan Bonn Jerman ini tidak seperti di Barat dengan paradigmanya yang menyatakan bahwa agama dianggap sebagai candu, serta budaya kebebasan berfikir tanpa batas sebagaimana dalam ungkapan cogito ergo sum (aku berpikir maka aku ada-red), "jadi ini tentu lebih banyak menjadi benteng keliaran berfikir tanpa batas. Dengan Akidah Akhlak ini, dalam Islam wujudnya berorientasi pada kemanusiaan," paparnya.

Walhasil, materi pada acara Penguatan Pembelajaran Akidah Akhlak pada Madrasah ini menurut Nur Kholis menjadi materi yang luar biasa. Sehingga guru diharapkan memberikan cara pembelajaran yang kreatif, "bukan hanya sekedar menghafal syarat dan rukun saja, tapi lebih banyak memberikan kesempatan kepada peserta didik unutk bertanya, bahkan anak didik mempertanyakan," ujarnya.

Misalnya, lanjutnya, guru diharapkan mampu menjawab secara logis jika ada peserta didik yang mempertanyakan tentang tata cara memandikan jenazah serta tata cara mengkafaninya, "Inilah urgensinya workhsop ini," terangnya.
Sumber : Dirjen Pendis
 
Copyright © 2015 MI RAUDLATUS SYUBBAN Support By Madrasah TV - Madrasah Lebih Baik, Maka Lebih Baik Madrasah.